RSS

Tips Selca ala Rapbeat

Hello guys~ ini artikel pertama untuk blogku. Buat teman-teman blogger mungkin bisa ngasih masukan atau sarannya. Maaf apabila ada kekurangan dan salah-salah :P

Untuk permulaan, photography itu bukan cuma sekedar jepret doang loh tapi dibalik foto tersebut harus ada "seni" yah maksudnya ada nilai estetika atau keindahan di dalamnya. Nah selca juga begitu, ini penting loh apalagi buat cewek-cewek pasti mau dong kelihatan menarik :P. Ga usah lama-lama lagi, langsung check this out aja !

:

1. Punya Camera Quality yang Mumpuni


Ini penting loh, soalnya kalo kamu punya kualitas kamera yang bagus tentu foto kamu akan kelihatan bagus juga. Foto yang ngeblur , pecah , gelap tentu tidak akan menarik (walaupun ada beberapa orang yang sengaja buat menutupi kekurangan -__-") dan yang lebih penting lagi ini akan mempermudah saat proses editting. 


Ini contohnya (jadi malu pake foto sendiri ><) :




















Tuh kelihatan kan bedanya. Walaupun dalam foto pertama wajah saya aneh tetapi tetap kelihatan lebih menarik kan? :P


2. Make up 


Nah yang ini cukup penting buat kamu yang pingin hasil jepret kamu lebih sempurna. Tujuannya adalah menutupi kekurangan kamu. Buat pemula atau buat teman-teman yang ga bisa makeup , make up natural saja sudah cukup yang penting wajah kamu keliatan segar , ga kusam/mengkilap , dan enak dilihat. Dan untuk mencapai itu hal-hal yang dibutuhkan sebenarnya cukup mudah. Kamu cuma butuh bedak , eyeliner , liptint/lipstick dan blush on. Ga mesti dipake semuanya kok, pakai saja sesuai kebutuhan kamu. Di internet juga sudah banyak tips dan tutorial make up yang sesuai, tinggal googling aja :P. Buat yang berasumsi "make up itu cuma nipu" atau "ribet, buat narsis aja, ngapain make-up segala" yah ga salah sih tapi yang sudah saya katakan tadi , selca yang bagus harus ada nilai seninya dong , bukan asal narsis dan make up adalah salah satu komponen seni itu. Oh iya model rambut juga berpengaruh besar loh , jadi pilih model rambut yang tepat buat bentuk kepala , kepribadian dan selera kamu ya :)




















Kelihatan banget kan perbedaannya. Seperti yang saya bilang tadi make up selca tidak perlu berlebihan. Makeup untuk foto kedua sendiri saya cuma pake bedak , liptint , brown pencil liner dan softlens (yang di pinggiran mata saya itu bukan eyeshadow loh , emang dari sananya kelopak matanya kayak gitu+ angle )


3. Pencahayaan yang cukup


Ini juga ga kalah penting, pencahayaan akan mempengaruh hasil jepret dan wajah anda sendiri. Diusahakan lightning tidak kurang (underlight) atau berlebihan (overlight). Kalau bisa juga jangan melawan arah cahaya soalnya warna kulit kamu akan terlihat lebih gelap (kalo terpaksa atau terlanjur , editting solusinya :P). Terkadang ada juga yang sengaja selca di tempat yang remang-remang buat nutupin kekurangannya. Sebenarnya sih gapapa tapi menurut aku selca sendiri sebenarnya bukan menutupi kekurangan kita tapi menonjolkan kelebihan kita. Sebisa mungkin kurangi penggunaan blitz (sebaiknya pilih cahaya alami) karena kalau salah-salah penggunaan blitz bukannya wajah kamu makin cerah malah terlihat makin kusam. Mungkin teman-teman photographer lebih mengerti hal itu, apakah teman-teman photographer mau berbagi tips soal blitz? :P . Lightning juga bagus buat kamu yang hanya punya quality kamera standart supaya lebih bagus hasilnya :)


4. Angle dan Pose yang tepat


Ini penting, angle yang tepat bisa membentuk wajah kamu menjadi lebih proporsional dan menutupi kekurangan dari bentuk wajah/tubuh kamu. Lihat saja foto-foto saya (alah narsis -__-") kelihatan wajah saya itu normal ga ada masalah , padahal sebenarnya rahang saya tonggos (uda ga terlalu sih soalnya uda pake behel tapi ttep aja masih ada tonggosnya -_-) dan ga ada yang tau -__-" kelihatan menipu ya? ga bermaksud menipu sebenarnya karena memang itu yang terjadi dan saya mengakui itu. Karena itu angle yang tepat itu penting. Pose juga begitu, googling banyak kok tips tips pose yang bagus-bagus tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing. Makanya buat teman-teman seringlah latihan di depan kaca ya biar tau mana yang cocok dan mana yang tidak buat kamu.




















Beda angle beda pose beda pula hasil yang didapat. Foto kiri matanya terlihat lebih besar ya (aslinya mata saya itu kecil loh). Dan foto kanan terlihat lebih kecil matanya. 

*Tips buat mata terlihat lebih besar :
1. Letakkan posisi kamera mu searah dengan mata kamu, pertahankan
2. Tunduk sedikit (sedikittttttt saja) lalu lihat ke kamera tadi.
NB : kalau kamera sudah searah dan kamu sudah menunduk , sudah kepalanya jangan di ubah-ubah lagi, cukup mata kamu yang bergerak (cieeee) . Trik ini butuh sedikit latihan sih supaya terlihat ga kaku. Cantik banget buat kamu yang pakai softlens :)


5. Editting


Ini penting loh buat mengoreksi hasil jepret kamu supaya lebih baik lagi. Tapi akhir-akhir ini editting (khususnya selca) dianggap buruk oleh orang-orang soalnya dianggap menipu. Yah memang lagi marak-maraknya sih editting dengan mengubah bentuk wajah secara berlebihan. Sebenarnya sah saja sih, lihat saja foto para artis, sebenarnya mereka juga ga luput yang namanya editting sampe ada yang mengubah bentuk wajah. Mungkin buat kita yang bukan artis ini untuk bentuk wajah sebaiknya jangan di edit berlebihan, dan untuk fotonya sendiri mungkin teman-teman wajib mengedit editan dasar misalnya brightness , contrast atau sharpen (sesuai kebutuhan) biar kelihatan profesional dan berseni gitu :p. Dan jangan lupa eksperimen effect ya guys (salah satu rahasia saya nih :P)


Ini editting brightness , contrast , sharpen(sedikit) dan sedikit effect.


















tuh kan beda. Foto kiri kelihatan lebih menarik kan. Tidak perlu lagi mengubah bentuk wajah, asalkan kita mau bereksperimen kita juga bisa kelihatan cantik.


Soal effect juga penting loh. Ga usah di jelasin kenapa, langsung check aja guys :P


















Effect + sharpen (soalnya agak ngeblur).

Lihat kan bedanya? makanya jangan sepelekan effect ya, eksperimen lah untuk mendapatkan effect yang bagus.

6. Sering Latihan


Lohh selca juga pake latihan? iya dong ! Tujuannya supaya di foto kamu tidak terlihat kaku alias luwes. Foto yang kelihatan kaku tentu tidak menarik. Dan tujuan lainnya adalah untuk membiasakan diri kamu. Semuanya butuh proses, kalau tidak sering latihan walaupun sudah ada tipsnya tetap saja akan kesulitan atau hasilnya tidak sesuai harapan (pengalaman pribadi). Semakin sering kamu melakukan maka semakin berkembanglah hasilnya. Lihat saja foto jadul sama foto sekarang, beda kan? kamu juga merasakannya kan? :P



Itulah tips-tips yang bisa saya bagikan , saya memang bukan photographer tapi setidaknya saya sering melakukannya dan saya juga dapat pengetahuan dari teman-teman photographer juga otodidak sih. Mungkin teman-teman photographer mau berbagi tips dengan saya? :P Maaf juga apabila ada yang salah atau menyinggung beberapa pihak. Gomawo ~ :3

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Pom'zLibrary_Cute said...

agus... blognya bagus.. isinya juga ^^
eh iya aku mau kasih saran buat isi blog kau selanjutnya... gimana tips make up yang benar dan gk menor - menor untuk remaja seusia kita..
thx ^3^
from= sherly n pom's library cute crew

Unknown said...

di tunggu ya dear , thank you ^^

Anonymous said...

wah . berguna banget buat aku yang masih sangat awam masalah ini, memang sering melakukannya tp hasil yang didapat juga ga sesuai yg diinginkan.
mksh ya kak tips nya ^_^

Post a Comment