RSS

Ulzzang Nowadays

Hello guys ~
Kira-kira kalian bakal bingung ga ya kalo aku bahas tentang ulzzang? Udah banyak page dan blog yang di membahas tentang ulzzang ya. Aku sendiri sebelum ulzzang menjamur seperti sekarang , udah tau duluan ulzzang itu seperti apa (sombong nih). Dulunya aku d kenalin sama temen aku, trus karena aku penasaran jadinya aku gali info tentang ulzzang (untung bahasa Inggrisku lumayan xD) . Dulu jamanku sih ulzzang cuma ada d Korea sono haha :v .Jujur aja aku cuma kurang tau dan bertanya-tanya sejak kapan kontes ulzzang di facebook itu bisa tiba-tiba muncul dan kontestannya dari berbagai negara (mau nyampein uneg-uneg). Aku ga mau ngebahas terlalu jauh tentang ulzzang sebenarnya dan ulzzang Indonesia itu seperti apa, soalnya yah itu uda banyak yang bahas, trus ngapain aku bahas lagi? Mungkin aku rekomendasiin blog http://kagura-sohma.blogspot.com ( ijin mbak Brilli xD) soalnya sebagian besar pemikiranku udah di bahas sama mbak Brilli (wah sama xD )jadi silahkan d baca sendiri di blognya :D (salah satu blog inspirasi saya loh xD).

So, yang aku mau bahas yaa uneg unegku (ya apaa???) yah liat aja deh :P

Mungkin dari kalian ada yang ga terima dengan pendapatku ini, so ga usah di baca kalo ga suka oke? Yah namanya uneg-uneg :)

1. "Ulzzang" di Facebook 
Yah yang ini maksudnya orang-orang di facebook itu. Pertama tentang kontes, kontes bukan hanya dalam bentuk FP, tapi uda ada grup yang khusus buat submit foto yang akan d battlekan. Gampang banget ya? Cuma ngumpulin foto trus langsung populer gitu. Jjur aja aku pernah ikut kontes beginian dan di pikiranku bukan ulzzang, melainkan populer di dumay ! (jujur aja aku selalu menang *bukannya sombong) Tapi sekarang aku ga ikut-ikut lagi kok, soalnya aku ngerasa ga penting aja gitu (SAYA TOBAT haha xD). Dan mungkin yang ikut ikut kontes beginian juga satu pemikiran dengan aku yaitu PINGIN EKSIS DAN POPULER DI DUMAY (IDOLNET) entah itu karena mereka ga tau tentang ulzzang atau tau tapi sengaja. Jujur aja aku sangat tergiur dengan kontes kontes itu, tapi jangan deh xD (secara gampang banget, ditambah lagi mengigat kelebihan yang aku punya *serius bukannya sombong) . Ga bisa dipungkiri, page idolnet dengan nama yang GA ADA ulzzangnya itu pasti ga seheboh yang ADA ulzzangnya, jadinya aku susah gitu mau ikut ikut kontes foto (pengalaman pribadi nih). Jadinya aku rada maklum gitu sama yang ababil ababil yang mau jadi idol net, secara mau nyari kepopuleran dimana lagi coba? Wong fp gede semuanya ada kata "ulzzang"nya. Yah menurut aku jadi idol net itu ga masalah sih, hak masing-masing, tapi inget yang instan instan itu ga bertahan lama :) Dan yang paling aneh itu adalah sama anak-anak ababil yang sudah tau tapi ga mau tau gitu yang penting populer ! Hadeh -__-. Dan herannya kenapa mereka ga mau bikin FP yang ada "idolnet"nya ya? masa istilah idolnet dengan ulzzang lebih populer ulzzang sih? aneh kan? Bukan cuma di Indonesia , luar negri juga sama aja, sama-sama ababilnya, jadinya aku ga mau terlalu ngatain Indonesia, kasian juga x(

2. "Ulzzang" di Instagram

Mungkin ini masih jarang di bahas (mungkin) jadinya aku mau ngebahas ini. Mungkin instagramers tau soal "shoutout" atau biasa d sebut "S/O" . Aku sering di follow beberapa page shoutout itu ya tentu aja ada kata "ulzzang"nya. Dan lucunya lagi syarat" supaya di shoutout itu kita harus follow tuh page trus gambar yang mau kita submit itu harus di hastag(#) atau tag (@) page tersebut , dan parahnya lagi kita harus follow juga pemilik page tersebut dan promosi page tersebut supaya dapat shoutout (belum tentu di shoutout juga) dan yang unfollow bakal di block !, trus kalo ga follow adminya jangan harap dapat S/O!. Keliatan kan kalo si pemilik page cuma mau dapat banyak followers? Apalagi  yang bikin page kebanyakan bukan orang korea (apa aku belum nemu?) dan kebanyakan orang luar negri sih, lantas kalo mereka bukan orang korea, tau apa mereka tentang ulzzang? Kalo mereka memang tau kenapa mereka harus bikin page begitu? sama parahnya kan dengan orang Indonesia? malah ada tuh kalimat (even you aren't asian ) atau (you must not to be asian to get shoutout), Ulzzang itu kan berasal dari asia (korea) bahkan orang asia selain korea juga sebenarnya ga boleh dapat sebutan begitu, apalagi yang bukan?? Suatu bukti kalo ternyata ulzzang itu bukan lagi sebutan untuk "best face"nya korea , tapi uda jadi "ALAT" untuk menjadi populer ! Dan yang parahnya lagi ada admin shoutout yang dia cuma mau S/Oin temen-temenya bahkan pacarnya ! Gila ga? admin narsis bukan cuma di facebook kan? haha xD dan yang aku liat adminnya juga banyak yang rasis misalnya admin berasal dari negara "V" maka yang dapat S/O ya yang keturunan "V" yah walaupun ga semua sih... Terus walaupun wajahnya ga ulzzang tetep dapat S/O malah yang wajah ulzzang ga di S/O. Kira-kira sama lah dengan facebook, maksudku mereka sotoy gitu dan sudah menyalahgunakan kata "ulzzang" itu sendiri. Bahkan orang korea juga ada yang ikutan beginian loh (ga di fb ga di insta).


Yah intinya sih begini, saya ga akan melarang kalian kok buat ikut ikut hal hal beginian, aku tau kalian punya alasan untuk ikut (secara dulu saya juga jadi saya mengerti :D ) tapi sebaiknya kalian itu sadar, maksudku kasian kan orang korea sana yang sudah susah susah nyiptain istilah trus kalian jiplak sesuka hati mana dengan cara yang salah, coba deh kalian yang sudah susah susah nyiptain sesuatu trus di jiplak orang? enak ga? Kalo kalian emang mau populer di dumay, kalian share aja apapun yang berguna , lama-lama populer kok :) contohnya aku deh bukannya sombong , walaupun aku ga ikut ikut kontes tapi aku masih istilahnya "populer" walaupun ga populer populer amat sih @@ . Walaupun sulit tapi lama-lama akan populer dengan sendirinya kok. Inget loh cara instan ga bertahan lama :)
Aku juga bikin blog buat sharing, yah setidaknya itu yang bisa aku lakukan, aku juga bisa berguna bukan cuma jago selfcamera doang.

Saran saya sih sebaiknya kalian nyari istilah lain "ulzzang" itu misalnya di Cina itu Feizl atau Jepang itu Gyaru. Yah sulit emang, mengigat kita manusia ini mau instan doang ditambah ga mau tau. Yah saya maklum aja sih, yah namanya juga ngasih saran :v haha xD


Maaf kalo ada salah-salah kata, saya disini bukannya mau menyombongkan diri atau mau sotoy atau mau sok pahlawan atau apapun lah, saya cuma mau ngeluarin uneg uneg saya (liat aja judulnya my blog my diary :D) , kalo misalnya ini bisa menyadarkan kalian sih bagus @@. Aku sampai sekarang seneng banget sama ulzzang korea makanya aku ga mau kalian semua jadi salah persepsi , kan kasian mereka (Ulzzang Korea) yang udah susah-susah jadi ulzzang (harus ikut ulzzang shigye yang filterannya ketat banget) trus kita dengan gampangnya dapat istilah itu? Balik lagi ke konsep ulzzang itu "Best Face" maksudnya istilah penduduk korea  yang DITUJUKAN buat mereka mereka yang berwajah "best face" itu tadi. Inget loh DITUJUKAN berarti kita TIDAK MENCARI melaikan DIBERI. So ganti mindset kalian, ganti tuh nama ulzzang menjadi "idolnet" atau apapunlah istilahnya supaya ga ada yang salah salah lagi. 


Sekian uneg uneg saya, makasih banget buat perhatian kalian semua (inget loh saya bukannya mau menyombongkan diri kalo saya populer, lah sudah d jelaskan kan saya ga populer populer amat haha xD) jadi maaf apabila artikel saya menyinggung kalian :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment